Ngeprint Aroma Lewat Printer?

Tinta yang wanginya harum udah biasa.

Tapi gimana kalau kita bisa nge-print gambar pizza lalu mencium aroma pizzanya? Gimana kalau kita bisa nge-print gambar secangkir kopi lalu mencium aroma kopinya?

Sebuah proyek ambisius dari Universitas Keio di Tokyo telah berhasil membuat printer ink-jet yang tidak hanya bisa mencetak foto buah apel hijau, tetapi juga menyediakan hembusan aroma apel yang segar.

jepang
“Mensintesis bau tidak semudah menciptakan warna. Anda tidak dapat mencampur strawberry dan pisang untuk membuat aroma angin laut,” kata Kenichi. “Di sisi perangkat lunak, kita masih harus mengetahui bagaimana membuat printer secara otomatis mengenali elemen-elemen dari suatu gambar dan menciptakan aroma yang sesuai dengan gambar yang dicetak.”

Kenichi Okada dan timnya di universitas telah berhasil memodifikasi printer Canon dengan kartrid tinta khas yang berisi empat aroma yang berbeda. Printer mereka memang jauh dari sempurna, tapi keberhasilan Kenichi beserta timnya menandai sebuah langkah besar menuju teknologi printer masa depan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s