Oshin / おしん

Siapa yang gak kenal Oshin?

Program drama televisi (dorama) yang pertama kali ditayangkan di Jepang pada tanggal 4 April 1983 sampe 31 Maret 1984 oleh stasiun NHK ini emang udah banyak menyedot perhatian dunia.

 

Drama ini bercerita tentang seorang wanita bernama Shin Tanokura (田倉 しん) yang kemudian dipanggil Oshin berjuang tanpa mengenal putus asa dalam menghadapi rintangan-rintangan berat dalam hidupnya.

Oshin kecil diperankan oleh Kobayashi Ayako, lahir 11 Agustus 1972, terakhir muncul di dorama berjudul “Puzzle” (2008) sebagai bintang tamu.

 

Film anime Oshin ditayangkan pada tahun 1984 khusus menceritakan masa hidup Oshin waktu kecil juga di isi suaranya oleh Kobayashi Ayako.

Oshin dewasa diperankan oleh Tanaka Yuko (setelah menikah menjadi Sawada Yuko), lahir 19 April 1955, terakhir muncul di dorama berjudul “Boshi” (2008) sebagai pameran pembantu.

Cerita Oshin dibuat berdasarkan autobiografi ibu-nya Kazuo Wada, seorang pengusaha Jepang yang mendirikan perusahaan supermarket Yaohan (sekarang bangkrut dan cabangnya di Singapura berganti nama menjadi Best Denki).

“Pada awalnya semua stasiun televisi Jepang, termasuk NHK, menolak cerita Oshin karena ceritanya yang keras dan gelap di masa pemerintahan Meiji dan berkaitan dengan rumah pelacuran,” kata Sugako Hashida, sang sutradara. Sampe akhirnya Mikio Kawaguchi, direktur NHK waktu itu menyetujuinya.

Sampe sekarang udah tercatat 59 negara di dunia yang menayangkan Oshin, mulai dari belahan bumi selatan (Australia) sampe ke ujung utara (Kanada), termasuk yang abis perang (Irak).

Dari dorama dengan 15 menit x 297 episode inilah dunia mengenal wanita-wanita Jepang yang pantang menyerah dan budaya Jepang yang mempunyai disiplin tinggi.

Di Indonesia sendiri, Oshin ditayangkan pertama kali di TVRI pada November 1986 sampe 1989. Kemudian pada Agustus 1992, Oshin diputer ulang oleh TPI. Belum puas? Oshin bernostalgia di MetroTV pada Desember 2004 (yang pemutarannya dihentikan karena Aceh terkena Tsunami).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s