Sony Walkman Pensiun

Setelah floppy disk dipensiunkan pada awal tahun 2010, sekarang Sony Corporation mengumumkan secara resmi bahwa alat pemutar kaset pita yang bernama Walkman itu tidak akan diproduksi lagi. “Waktunya untuk pensiun,” kata Howard Stringer, CEO Sony saat ini.

Walkman TPS-L2

Alat pemutar musik yang bisa dibawa kemana-mana ini memang telah merubah cara orang di seluruh dunia mendengarkan lagu kesayangan mereka dan menjadi ikon dunia musik selama 31 tahun lamanya.

Diciptakan pada tahun 1978 oleh insinyur kebanggaan Sony, Nobutoshi Kihara, karena permintaan salah satu pendiri Sony yang selalu ingin mendengarkan lagu opera dimanapun dia berada. Dengan bentuknya yang kecil dan praktis, tak heran kemudian walkman mulai diproduksi secara massal dan dipasarkan di Jepang pada tahun 1979.

Nobutoshi Kihara

Walkman TPS-L2 adalah model yang pertama kali muncul, kemudian lahirlah Discman D-50 pada tahun 1984 untuk mengikuti perkembangan zaman, sampai dengan model yang terbaru saat ini yaitu Walkman X Series keluaran tahun 2009.

Discman D-50

Walkman X Series

Pensiunnya walkman bukan berarti Sony tidak akan mengeluarkan produk pemutar musik lagi, karena Walkman X Series udah lebih canggih dari iPod. Hanya khusus untuk pemutar kaset tape saja yang diberhentikan karena sudah tidak laku lagi.

Sampai sekarang walkman telah terjual lebih dari 220 juta buah di seluruh dunia. Walkman pertama kali dikenal dengan nama “Soundabout” di Amerika Serikat dan “Stowaway” di Inggris.

Tahukah kamu bahwa salah satu pendiri Sony, Akio Morita, awalnya enggak suka dengan nama Walkman? Dia malah minta nama tersebut diganti. Tapi karena sudah terlanjur dipasarkan dengan merk walkman, maka Akio merelakannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s