Kini Telah Hadir YUI 2.8.0

31-yahoouserinterface

Bisa jadi Anda termasuk awam terhadap YUI. Memang framework yang satu itu kalau di Indonesia masih kalah pamor dengan JQuery. Tapi tidak salah bukan kalau kita melihat-lihat apa sih yang ada pada YUI terbaru yang kabarnya sudah memasuki versi 2.8.0 tersebut?!

Generasi yang baru ini kabarnya lebih aman karena dijaga oleh Caja. Apa itu Caja?

Caja adalah salah satu upaya yang paling menjanjikan untuk melindungi aplikasi berbasis website yang tidak rentan dengan serangan, berbeda dengan solusi yang diberikan oleh Javascript biasa yang masih belum mencukupi kebutuhan.

Konsep variabel global memang di samping menyenangkan namun dapat membuat celah keamanan pada browser menjadi rentan. Hal ini memang merepotkan.

Caja memproses pra-konten website termasuk di dalamnya kode HTML, CSS dan Javascript dan mengkonversinya ke sesuatu yang dienkrip dan tidak terbaca sehingga menjadi lebih aman. Praktek-praktek yang tidak aman namun sangat umum digunakan ditandai sebagai sebuah kesalahan atau gagal di-compile.

Banyak kesalahan pada browser dan implementasinya yang sangat tak sesuai. Perbedaan librari pada Javascript seperti yang ada pada Dojo, MooTools, jQuery, YUI memang membuat kita memilih mana yang sesuai untuk kita atau tidak. Kadang ini membuat kita nyaman karena menjadi lebih mudah menggunakan framework JS, tapi adakalanya ini malah memusingkan kepala. Namun masalahnya adalah librari-librari ini kadang tak sesuai dengan aturan-aturan Caja.

Sebagai aplikasi baru besutan Yahoo atau sebutlah menjadi Yahoo Application Platform (YAP), ini memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi kecil pada My Yahoo dan homepage Yahoo menggunakan Caja dimana jika Anda terdesak untuk menggunakan YUI. Tim dari YUI dan dari YAP telah memastikan bahwa versi terbaru dari YUI ini memang sudah cukup baik dan kompatibel.

Caja yang mana tak mengizinkan adanya tag src di dalam kontainer-nya telah ditinggalkan oleh YUI. Kalau Anda ingin tau lebih detail mengenai update YUI yang terbaru, mungkin bisa melihatnya di blog YUI.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s