Bahan Khas Masakan Jepang

Ada beberapa bahan dan bumbu yang khas dalam masakan Jepang. Rasanya yang beda bikin bahan dan bumbu ini gak bisa diganti dengan yang lain.

Bahan Khas Masakan Jepang

–          Dashi: Kaldu ikan. Dipake untuk bumbu dasar sup. Dibuat dari serpihan ikan bonito ( sejenis ikan kayu ) yang dikeringkan. Dashi bisa dibeli dalam bentuk bubuk instan ato dibungkus seperti kantong teh. Sisa dashi instan bisa disimpan dalam stoples.

–          Rumput laut : Ada 3 jenis. Kombu ( kelp ) adalah lembaran ganggang laut yang dikeringkan, ditambahkan pada kaldu dan sup untuk member rasa khas. Nori, rumput laut yang dibuat lembaran tipis, untuk menggulung sushi ( nasi berbumbu ), dimakan dengan nasi waktu sarapan, atau untuk garnish. Panggang bagian yang mengkilap di atas api sebentar agar cita rasanya yang khas lebih keluar. Wakame, seperti rumput untuk salad dan sup. Rendam wakane 5 menit dalam air dingin. Bahan ini cepat sekali lunak, jadi masukkan 1 menit sebelum sup diangkat.

–          Mi Jepang: memiliki aneka bentuk dan cita rasa yang khas. Misalnya udon, somen, kishimen, harusane, dan soba.

–          Shoyu: Kecap Jepang. Rasanya lebih ringan dan lebih encer daripada kecap asin.

–          Miso: Pasta kedelai yang difermentasi, mirip tauco. Ada yang merah ( lebih asin dan dikenal ). Ada yang putih ( lebih manis ) dan ada hatcho miso ( lebih gelap dan lebih asin dari miso merah ).

–          Shiritake: Soun Jepang, lebih tebal dari soun Cina.

–          Wasabi: Akar tumbuhan liar Wasabia Japonica. Berwarna hijau, rasanya pedas menyengat. Dijual dalam bentuk pasta ( siap pake ) ato bubuk ( campur dengan air sebelum dipake ). Wasabi digunakan seperti sambal untuk sushi dan untuk bumbu saus Sashimi.

–          Shitake: Ada yang menybutnya jamur Cina ato hioko. Untuk masakan Jepang umumnya dipake yang segar. Jika memakai jamur kering, rendam 30 menit dalam air mendidih, jamur kering bisa disimpan dalam stoples ato kantong plastic, tahan sampe 1 tahun.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s