APAKAH MAKANAN DI JEPANG SELURUHNYA HARAM


Makanan Halal Haram di Jepang

Bagi yang muslim, di Jepang ini tidak semua makanan dapat dimakan. Sesuai dengan yang diperintahkan oleh Allah agar kita tidak memakan makan yang haram, misal daging yang tak disembelih dengan menyebut asma Allah, makanan atau minuman yang mengandung alkohol, dan lain lain.

Untuk berbagai jenis daging, sapi, ayam, sosis, ati, dll, dapat dibeli di toko makanan halal. Selain daging halal, berbagai jenis sea food bisa dimakan, missal ikan, udang, cumi, kepiting, dsb. Selain dilihat dari jenis bahan-bahan yang terkandung, ada beberapa jenis produk yang sudah dijamin kehalalannya oleh Islamic Association of Nagoya. Antaranya :

Biskuit, keripik kentang Calbee (semua dapat dimakan kecuali yang mengandung bahan diatas), Doritos rasa cheese, Bourbon (choco chip cookie, dll), Meiji, Lotte (es krim, biscuit, coklat, permen) berbagai produk ini bisa dimakan kecuali yang mengandung bahan di atas. Mi instan, udon, soba, ada beberapa yang tak mengandung shoyuu, sake, mirin, kaldu, daging/ayam/babi yang bisa dimakan. Untuk shoyuu, ada yang tidak mengandung alcohol seperti tokusen maru daizu shoyuu .

Yogurt, meiji, morinaga, ohayou yang tak mengandung gelatin halal dimakan. Margarin, mentega (butter) yang berasal dari tumbuhan dapat dimakan. Fast food restaurant, mr donuts, tenya (tenpura food). Sushi, sashimi, termasuk makanan jepang yang halal.
Di atas tersebut hanya beberapa contoh aja yang disebutkan, sebenarnya masih banyak lagi jenis makanan yang dapat dimakan.
bila anda bisa berbahasa jepang dan bisa membaca kanji…PASTIKAN SAAT MEMBELI MAKANAN UNTUK MENGECEK KEBERADAAN HURUF INI…

豚/buta = babi
atau
豚骨/ tonkotsu = sauce dari babi

bila tidak yakin, coba konsultasikan dengan KAMMI / ISLAMIC CENTRE setempat atau tanyakan dengan ustadz anda…

namun bila tidak bisa bahasa jepang…alangkah baiknya bertanya kepada penjualnya…dengan kata2 berikut

kono naka ni buta niku atta desuka? didalamnya apa terdapat daging babi?

atau

tanya dengan bahasa inggris…atau lebih baik lagi bila bawa rekan yg berbahasa jepang

WE’RE NEVER TIRED ON INSISTING

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s