Jepang Wujudkan Obsesi Robot Kembaran Manusia


TOKYO – Obsesi terhadap robot membuat orang-orang Jepang melakukan segala cara untuk mewujudkan fantasi mereka akan dunia sains dan fiksi. Dalam waktu dekat, warga Jepang bisa memesan robot yang merupakan wujud kloning diri mereka.

Salah satu pusat perbelanjaan di Jepang bernama Sogo & Seibu akan segera mewujudkan mimpi memiliki ‘saudara kembar’ robot. Rencananya, layanan ini segera diluncurkan di berbagai pusat perbelanjaan terpilih mulai bulan depan, dalam rangka memeriahkan tahun baru. Demikian keterangan yang dikutip dari Times of India, Senin (21/12/2009).

Namun sepertinya hanya kalangan yang ‘berduit’ saja yang bisa memiliki kembaran robot. Pasalnya, harga yang dibanderol sangat mahal sekira USD225 ribu atau Rp3,4 miliar. Dengan mengeluarkan kocek sebesar itu, warga Jepang baru bisa memiliki kembaran robot.

Robot kloning yang terbuat dari bahan silikon tersebut tak hanya dirancang mirip dengan pemesannya, namun juga bisa berbicara dengan suara yang mirip dengan suara mereka.

“Pemesan bisa merekam suara mereka sehingga robot bisa berbicara dan menjawab pertanyaan dengan suara sangat mirip pemiliknya,” kata juru bicara Kokoro, perusahaan yang memproduksi robot tersebut.

Namun sayang gerak tubuhnya terbatas, robot kloning yang menggunakan sistem operasi Android ini hanya bisa menggerakkan tubuh bagian atas.

Sebelumnya, Kokoro sudah pernah memamerkan hasil karya mereka pada pameran akbar karya robot Jepang beberapa waktu lalu. Rupanya pada pameran tersebut banyak yang jatuh hati pada robot Kokoro. Hal ini kemudian menjadi salah satu hal yang mengilhami Kokoro untuk memproduksinya robot kloning secara massal. Kokoro menjanjikan bahwa para pemesan akan sangat menyukai robot produksi mereka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s