Yakuza Juga Manusia

Nama “yakuza” memang sudah terkenal di seluruh dunia.

Terkenal dengan organisasi kejahatannya. Terkenal dengan kekerasannya yang tidak kenal ampun. Terkenal dengan tato-tato mereka di sekujur tubuh. Terkenal dengan cara mereka memotong jari mereka sendiri jika gagal menjalankan tugas.

Tapi, semenjak Jepang terkena musibah gempa dan tsunami, rupanya para yakuza ini sedikit berubah. Mereka sibuk membagi-bagikan makanan, selimut, dan pakaian ke para korban bencana.

yakuza jepang

Tiga kelompok terbesar yakuza telah mengirim puluhan truk dengan beberapa ratus ton barang ke daerah yang terkena dampak paling parah. “Tidak ada yakuza atau katagi (warga biasa) atau gaijin (orang asing) di Jepang saat ini. Kita semua adalah orang Jepang. Kita semua harus saling membantu,” kata salah seorang anggota yakuza.

Namun para yakuza mengatakan bahwa mereka takut sumbangan mereka ditolak oleh warga Jepang jika bantuan mereka terlalu banyak dipublikasikan. “Sekarang, tidak ada yang mau berhubungan dengan kami dan kami tidak suka jika harus melihat sumbangan kami ditolak.”

Ya, warga Jepang pada umumnya memang tidak suka dengan kehadiran para yakuza yang selalu tidak jauh dari keributan, mengganggu yang lemah, dan bertampang mengerikan. Tapi bantuan para yakuza kali ini membuktikan bahwa mereka pun ternyata juga manusia yang peduli dengan sesama… meskipun hanya sementara.

Apalagi boss besar mereka baru keluar dari penjara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s