Pelayanan Kesehatan di Jepang

Secara keseluruhan di Jepang pelayanan kesehatan sangat baik, namun demikian janganlah kaget bila si pasien harus membayar kepada rumah sakit yang melayani kesehatan itu dengan sangat mahal. Hal ini tentunya apabila si pasien tidak mempunyai asuransi, Untuk mengurangi beban pembayaran kesehatan yang sangat mahal itu, di Jepang tiap anggota keluarga sangat dianjurkan untuk masuk asuransi. Pemerintah akan menjamin sepenuhnya bila si pasien sakit tetapi mempunyai asuransi, untuk dilayani dengan sebaik-baiknya di rumah sakit tanpa si pasien harus memikirkan pembayaran yang sangat mahal.

Demikian pula bagi mahasiswa asing untuk masuk asuransi ini sangat dianjurkan terutama untuk mahasiswa yang membawa keluarga. Untuk mahasiswa asing ini meskipun telah memperoleh asuransi dari Monbukagakusho sebaiknya yang bersangkutan masuk lagi ke dalam asuransi yang lain seperti misalnya Asuransi Penduduk (Kokumin Hoken).

Asuransi dari Monbukagakusho hanya berlaku bagi yang belajar saja, tidak termasuk untuk keluarga. Untuk pembayaran kokumin hoken di kota memang jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan di daerah. Sebagai contoh, pembayaran kokumin hoken bagi mereka yang tinggal di kota Kyoto adalah sekitar ¥ 40.000 per tahun per orang, sedangkan di daerah hanya sekitar ¥ 24.000 per tahun per keluarga. Jumlah keluarga yang diasuransikan di sini adalah untuk kepala keluarga, istri ditambah maksimum dua orang anak. Pembayaran asuransi ini dilakukan dengan dicicil setiap dua bulan.

Keuntungan Mempunyai “Kokumin Hoken”.

Asuransi dari Monbukagakusho meskipun bisa di klaim tetapi uang penggantinya, sebanyak lebih kurang 80% akan diberikan setelah 1-2 bulan kemudian. Hal ini membawa konsekuensi terhadap para mahasiswa bahwa untuk setiap berobat harus membayar dulu dari uang sendiri. Padahal sekali berobat di Jepang, untuk penyakit flu saja misalnya, tidak kurang dari ¥ 10.000 sedangkan kalau mempunyai kokumin hoken hanya membayar sekitar ¥ 1.000. Uang pembayaran untuk berobat berdasarkan kokumin hoken ini bisa diklaim kembali kepada asuransi dari Monbukagakusho. Dengan demikian dari yang seharusnya membayar ¥ 10.000 pada akhir si mahasiswa secara riil hanya membayar ¥ 200. Penggantian biaya pengobatan bagi mahasiswa asing diberikan apabila mereka mengikuti National Health Insurance dan telah mendaftarkan diri ke AIEJ melalui bagian mahasiswa asing di perguruan tinggi masing-masing.

Hal-hal yang tidak dapat diklaim dalam Sistem Asuransi di
Jepang.

Di negara yang sudah maju, termasuk, termasuk Jepang, tidak semua pembayaran untuk berobat dapat diklaim kepada Asuransi. Seperti misalnya biaya untuk berobat pada waktu hamil, berobat untuk keperluan kecantikan, mengganti dua gigi yang paling depan (gigi seri), dan frame untuk kacamata jangan sekali-kali diklaim asuransi.

Pencegahan Penyakit.

Para mahasiswa yang belajar di luar negeri tentunya mempunyai tujuan untuk memperdalam ilmu di bidang keahliannya. Karena mempunyai tujuan ini maka para mahasiswa perlu melakukan pencegahan penyakit secara dini sebab bila sekali terkena penyakit berat sudah barang tentu akan mengganggu di dalam program studinya. Dari pengalaman mahasiswa Jepang sendiri, salah satu pencegahan terhadap penyakit ini dilakukan berdasarkan disiplin terhadap waktu makan. Pada umumnya orang Jepang berpendapat bahwa makan itu jangan karena lapar tetapi karena suatu keharusan. Jadi disiplin terhadap waktu makan harus tetap dipertahankan. Seperti diketahui di negara-negara sub tropis yang mempunyai 4 musim. Adanya perubahan iklim ini sering mengakibatkan para mahasiswa dari daerah tropis beserta keluarganya mengalami stress, dan tidak jarang di antara anggota keluarga mahasiswa tersebut ada yang sampai mengalami sakit cukup berat. Keadaan ini sebenarnya bisa diatasi bila makan dari makanan yang cukup bergizi secara terus diusahakan.

2 responses to “Pelayanan Kesehatan di Jepang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s