HIMITSU SENTAI GORANGER and J.A.K.Q. DENGEKITAI in Storiography

Berikut kami saya sampaikan ulasan dua buah serial Super Sentai pada paruh periode awal kehadirannya, yang dirangkum dari websitenya Animonster. Semoga bisa menambah wawasan soal dunia pertokusatsuan kita semua….

Selamat membaca!

HIMITSU SENTAI GORANGER [Secret Task Force Goranger] (1975 ~ 1977)

Episode: 84 + 5 Movie

Sebagai serial Sentai pertama, Goranger menjadi seri terpanjang dalam sejarah. Sebelumnya kata Super Sentai baru diperkenalkan melalui seri Battle Fever J yang muncul pada tahun 1979. Karenanya, Goranger dan JAKQ yang muncul sebelum Battle Fever J belum dianggap sebagai Super Sentai. Pada episode 0 seri Turboranger yang keluar pada tahun 1989, ditampilkan cuplikan-cuplikan dari serial Super Sentai yang ada sebelum Turboranger. Saat itu Battke Fever J ditempatkan sebagai Super Sentai pertama. Tetapi tidak pada tahun 1995, di mana Ohranger memasukkan Goranger dan JAKQ sebagai dua seri pertama Super Sentai.

Saat kedamaian dunia terancam oleh kemunculan organisasi sosial jahat internasional bernama Kuro Juujigun [Black Cross Army / Black Crusaders], United Nations membentuk EAGLE [EArth Guard LEague] untuk mengantisipasinya. Pasukan khusus ini didistribusi ke berbagai belahan dunia yang kemudian diberi nama Blocks, dan salah satu Blocks terbesar bertempat di Jepang.

Kuro Juujigun yang takut akan ancaman United Nations, melancarkan serangan dadakan ke EAGLE Block di Jepang dengan mengirim lima cyborg paling berbahaya mereka untuk menyerang markas-markas EAGLE di Jepang.

Kuro Juujigun menyerang seluruh Jepang termasuk yang bukan menjadi target mereka dan membunuh setiap orang yang menentang. Walau begitu, dari puing-puing markas yang dihancurkan, muncul lima orang yang selamat dari maut dan terbakar api dendam. Setelah masing-masing mendapatkan “key“, mereka kemudian terkumpul di sebuah toko snack Gon, yang merupakan pintu rahasia menuju markas utama EAGLE Jepang yang dikomando oleh komandan Edogawa Kenpachi. Mereka kemudian diberi electronic battlesuits yang dapat meningkatkan kekuatan pengguna dan memiliki berbagai kemampuan superhuman. Edogawa kemudian menamakan mereka sebagai Goranger, pasukan khusus terbaik dunia untuk menghadapi Kuro Juujigun. Berbekal battlesuits dan berbagai senjata spesial ciptaan ara peneliti EAGLE, Goranger berdedikasi untuk membalaskan dendam semua relasi dan teman mereka yang tewas akibat serangan Kuro Juujigun, dan bertekad untuk menghancurkan semua sisa pasukan Kuro Juujigun bersama pemimpin mereka, Kuro Juuji Soutou [Black Cross Fuhrer].

J.A.K.Q. DENGEKITAI [J.A.K.Q. Blitzkrieg Squad (1977)

Episode: 35

Iron Claw dikenal sebagai tokoh penting dalam Crime, kerajaan kriminal dunia. Dengan jaringan  beranggotakan orang-orang berpengaruh, mereka mampu menggalang simpatisan dan merekrut pasukan yang selanjutnya diberi nama Crimers, dengan cyborg dan robot pembunuh di antara mereka. Crime terus menghalalkan berbagai cara untuk menjadi organisasi mafia terkuat di dunia.

Untuk mengantisipasi ancaman ini, Interpol mengorganisasikan sebuah pasukan khusus sebagai ujung tombak untuk menegakkan keadilan. ISSIS [International Science Special Investigation Squad] yang berbasis di New York, mulai memobilisasi pasukannya ke seluruh dunia untuk menghadapi Crime. ISSIS cabang Tokyo yang dipimpin oleh komandan Kujirai Daisuke, mengajukan proposal sebuah eksperimen yang cukup ekstrim untuk menambah kekuatan pasukan di Jepang. Dengan menggunakan nama sandi Joker, Kujirai merekrut empat orang yang dijadikan sebagai subjek tes proyek pengembangan cyborg. Keempat orang ini adalah seorang atlit multi talent dan peraih medali emas Olimpiade bernama Sakurai Gorou, seorang juara tinju kelas Junior Walter Weiight bernama Higashi Ryuu, seorang polisi wanita yang terluka parah bernama Karen Mizuki, dan seorang ahli kelautan yang kriis bernama Daichi Bunta. Mereka menjalani operasi yang memanipulasi energi dan mengalami peningkatan kekuatan secara biologis. Mereka kemudian diterjunkan untuk melawa Crime dengan nama J.A.K.Q Dengekitai [baca: Jakka].Selanjutnya seorang cybor ahli menyamar bernama Banba Soukichi bergabung dengan mereka.

J.A.K.Q Dengekitai menjadi seri yang lebih gelap dibanding pendahulunya, Goranger yang lebih humoris, dengan jalan cerita menyangkut pautkan dengan penggunaan obat-obatan terlarang dan banyaknya kekerasan. Karenanya seri ini tidak disukai oleh anak-anak hingga pada akhirnya sejak episode 23 jalan cerita dibuat lebih ringan dan memunculkan karakter-karakter komedi seperti Big One dan Hime Tamasaburou. Akan tetapi, pendekatan ini gagal dan seri ini terpaksa selesai di episode 39.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s