Masked Rider Kabuto ~ God Speed Love

My Grandmother said this,”Walking The path of Heaven, the man who will rule over everything” ( ‘ 3′)/

Masked Rider yang sangat Legendaris di Indonesia ini lebih dikenal dengan sebutan “Ksatria Baja Hitam”, Masked Rider Kabuto ini adalah Ksatria Baja Hitam terbaik setelah era Kotaro Minami.

Masked Rider Kabuto merupakan salah satu film Masked rider yang bercerita tentang seorang lelaki bernama Tendou Souji yang berslogan “He who walk in the path of Heaven, will rule over everything”. Film ini diawali dengan adegan di Shibuya, 7 tahun lalu. sebuah meteor jatuh, dan mengakibatkan kerusakan dan korban jiwa yang luar biasa. sejak saat itu pula serangan makhluk-makhluk yang disebut sebagai Worm terhadap manusia semakin ganas, dengan kemampuan untuk me-mimic manusia yang menjadi korbannya.Karena itu sebuah dibentuklah pasukan khusus anti-teror ZECT (bukan Densus 88) untuk menanggulangi masalah Teror Worm. Tapi belakangan diketahui bahwa ZECT mempunya sebuah Agenda tersembunyi.

Tokyo, 7 tahun setelah insiden Shibuya. Tendou Souji adalah seorang pemuda yang hidup bersama adiknya, Tendou Juka, di pusat kota Tokyo sambil berlatih keras selama 7 tahun untuk mempersiapkan diri menghadapi “The Promised Day” yang memiliki hubungan erat dengan insiden Shibuya 7 tahun lalu.

Hiro Mizushima as Tendou Souji (Masked RiderKabuto)

Laki-laki ini 7 tahun yang lalu pernah menolong seorang gadis yatim piatu bernama Hiyori Kusakabe, seorang gadis introvert dan tidak banyak bicara (karakternya seperti Ayanami Rei di Evangelion).

Yui Satonaka as Hiyori Kusakabe

Tetapi, Hiyori tidak tahu bahwa Tendou-lah yang dulu menolongnya, bahkan Hiyori mempunyai sebuah dendam pada Masked Rider karena ia telah membunuh orang tua Hiyori.

Di saat yang sama, Kagami Arata adalah seorang anggota baru pasukan khusus “ZECT”, yang merangkap sebagai pekerja sambilan di sebuah restoran yang sama dengan tempat Kusakabe Hiyori menjadi juru masak. Sepintas ia tampak seperti menaruh hati pada Hiyori, tapi karena itu ia terkadang suka dijahili oleh Tendou.

Di tengah semakin gencarnya serangan para Worm, cerita berjalan di seputar kehidupan ketiga orang ini. Kagami yang bekerja untuk kelompok ZECT yang penuh konspirasi dan Hidden agenda, sementara di sisi lain tampaknya Tendou dan Hiyori memiliki hubungan yang misterius sehubungan dengan insiden Meteor Shibuya 7 tahun lalu…

Yuuki Sato as Arata Kagami (Masked Rider Gattack)

Hiyori akhirnya tahu bahwa Tendou-lah Masked Rider yang memiliki kaitan dengan kematian orangtua Hiyori 7 tahun lalu. Hal ini disembunyikan Tendou karena ternyata orang tua Hiyori telah di-mimic oleh ras ‘Natives’. Ras Native merupakan musuh alami dari ras Worm. Tetapi, native berkeinginan untuk hidup harmonis dengan manusia di bumi. Dari situ ia mengetahui tujuan utama Tendou menjadi Masked Rider adalah untuk melindungi Hiyori dari para Worm dan Native dan menggagalkan Konspirasi ZECT. Dari situ pula ia mengetahui bahwa ternyata Hiyori Kusakabe yang asli itu sudah tewas bertahun-tahun yang lalu. Jadi siapakah Hiyori Kusakabe yang sekarang dilindungi Tendou Souji?? Keadaan semakin rumit ketika muncul seorang lelaki bernama Kusakabe Souji yang mirip Identik dengan Tendou Souji, dia mengklaim sebagai kakaknya Hiyori dan menjadi Alter-ego dari Masked Rider Kabuto,”Masked Rider Dark Kabuto”.

Hiro Mizushima as Kusakabe Souji (Masked Rider Dark Kabuto)

Siapakah Kusakabe Souji sebenarnya?? apa hubungan Kusakabe Souji dengan Tendou Souji dan Hiyori?? Lalu dari manakah Tendou dan Kusakabe memiliki kemampuan untuk berubah menjadi Masked Rider dan apa kaitannya Masked Rider dengan agenda tersembunyi ZECT??

Dibuat sebagai peringatan 35 tahun pembuatan Kamen Rider, TOEI tampaknya tidak ingin tanggung-tanggung dalam membuat kelanjutan franchise yang melegenda di Indonesia lewat aksi Kotaro Minami ini. Dan hasilnya adalah serial yang mendapat sambutan yang cukup sukses di negara asalnya. Okay, tidak perlu diragukan bahwa ini adalah salah satu seri Masked Rider terbaik setelah era Kotaro Minami.

Masih mengusung konsep dasar Kamen Rider yang sudah dirilis dalam berbagai versi selama 35 tahun, TOEI tidak menghadirkan perubahan yang radikal dalam serial ini. masih ada konsep berubah yang biasa, dengan sedikit penyesuaian. desain Rider masih mempertahankan bentuk serangga, hanya saja kali ini diberi tambahan kemampuan Clock-Up untuk memperlambat waktu dalam pertarungan dan dua bentuk dasar: Masked Form dan Rider Form.

Hal yang agak menarik perhatian adalah pengolahan adegan battle-nya. dalam serial ini, penggunaan slow-motion lebih banyak dieksplorasi untuk menghasilkan efek-efek battle yang cukup enak dilihat. koreografi battle-nya sendiri lebih baik dibandingkan sebelumnya, ditambah beberapa teknik pertarungan yang cukup unik… tapi tidak terlalu banyak. meskipun demikian, adegan battle-nya secara keseluruhan digarap dengan cukup baik meski tidak terlalu istimewa.

Hal yang juga menarik di sini adalah penyajian storyline-nya bisa dibilang ‘tidak biasa’ dibandingkan serial dengan genre Super Hero sejenis. Percintaan, Teori konspirasi dan rahasia menjadi menu yang disajikan dalam serial ini (dan telah menjadi kebiasaan dalam seri Masked Rider untuk menyisipkan teori konspirasi), terutama setelah episode 25+… dipadukan dengan pendekatan bergaya humor sarkastik. Demikian juga banyak pertanyaan seperti asal mula keberadaan Worm atau kelompok ZECT tampaknya sengaja belum dibiarkan terjawab sampai episode-episode lanjut sebagai bagian dari plot-twisting yang dilakukan oleh serial ini.

Tapi itu belum semuanya. Kalau anda berpikir bahwa serial ini adalah tontonan dengan cerita khas pahlawan super untuk anak-anak, anda salah besar. Film dengan gaya ‘Pop Romance’ ini menggunakan pendekatan konspirasi yang berat-dan-rumit dalam storytelling-nya ditambah dengan humor bergaya ‘Sarkastik’ sehingga membuat film ini cocok untuk dewasa, meskipun demikian, serial ini cukup mampu menyajikan tema yang cukup berat dengan tanpa meninggalkan sisi humornya (Walaupun bagi saya untuk beberapa episode humornya agak ‘over’ dan sarkastik dengan gaya-gaya menyindir).

Kalau ada yang istimewa dari serial ini, hal tersebut adalah desain karakternya. setiap karakter dibuat dengan khas dengan desain yang istimewa pula. karakter Tendou Souji, misalnya, dibuat dengan gaya yang semau-gue dan kesombongan tingkat tinggi. atau karakter Hiyori Kusakabe yang berkembang dari seorang yang tertutup dan naif menjadi lebih terbuka dan mulai bisa tersenyum dalam perkembangan cerita. =)

Desain karakter yang ‘istimewa’ tersebut didukung pula oleh cast yang bisa dibilang cukup baik dalam membawakan perannya. dan bisa dibilang, karakter yang ada memang cukup pas… misalnya kalau anda mengatakan bahwa Tendou itu ‘pas songong-nya’, atau mungkin anda akan sedikit-sebal melihat Shun Kageyama, atau merasa speechless kalau melihat Daisuke Kazama… atau bahkan tidak Fall in Love pada Hiyori Kusakabe. Yah, itu wajar, kok. cast-nya memang cukup mendukung soal ini.

Nah. sekarang soal musik. opening theme-nya yang dibawakan oleh Yu-Ki dengan lagu NEXT LEVEL dengan sentuhan upbeat dan tempo yang tinggi dirasakan cukup pas sebagai intro sebuah serial Kamen Rider. sementara itu, insert song dalam battle diisi oleh The Rider Chips dengan lagu Full Force untuk episode-episode awal. belakangan, The Rider Chips juga mengisi dengan lagu Lord of The Speed dengan nuansa yang tidak jauh berbeda.

Meskipun demikian, sayangnya scores dalam serial ini tidak bisa dikatakan sangat istimewa. dalam banyak kesempatan, adegan-adegan yang potensial menjadi memorable malah terasa kurang greget dengan score yang ada.

kalau anda memperhatikan juga, anda akan menemukan bahwa scores dalam serial ini juga disisipi beberapa nomor musik klasik dalam beberapa episode. ada Air dari Bach, Lohengrin-nya Wagner, dan juga beberapa yang lain dalam beberapa episode yang berbeda. meskipun demikian, masalah scores ini tampaknya memang agak kurang maksimal dalam serial ini, walaupun tidak bisa dikatakan buruk juga.

sebenarnya, ada cukup banyak kelebihan dari serial ini. dan bisa dibilang, aspek-aspek tersebut berperan besar dalam serial yang mendapatkan sambutan sangat baik di negara asalnya ini. walaupun dengan sedikit kekurangan (yang tidak terlalu signifikan, sebenarnya), serial ini bisa dikatakan cukup enak dinikmati dan menghibur, walaupun tidak benar-benar luar biasa juga… kecuali mungkin bagi para penggemar Ksatria Baja Hitam.

...well, it’s a fun ride, after all.

Spoiler for Quick Review : http://denhurd.wordpress.com/2007/03/10/kamen-rider-kabuto/

Spoiler for forum : http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=1649

Spoiler for The Movie Version + Download Link : http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_Movie_DirectorsCut_DVD.html

Spoiler for Download Link :

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_01.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_02.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_03.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_04.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_05.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_06.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_07.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_08.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_09.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_10.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_11.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_12.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_13.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_14.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_15.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_16.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_17.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_18.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_19.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_20.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_21.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_22.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_23.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_24.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_25.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_26.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_27.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_28.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_29.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_30.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_31.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_32.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_33.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_34.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_35.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_36.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_37.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_38.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_39.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_40.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_41.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_42.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_43.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_44.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_45.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_46.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_47.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_48.html

http://www.indowebster.com/Kamen_Rider_Kabuto_49.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s