Kehidupan di Jepang

Salah satu gaya hidup yang membuat saya berdecak kagum adalah gaya hidup Jepang. Mengapa saya katakan demikian? Karena memang ini bukan isapan jempol semata. Selain karena dunia sudah banyak yang mengetahuinya, saya sendiri pernah berada di Jepang selama lebih kurang delapan tahun lamanya dan ini sungguh pengalaman yang sangat  luar biasa sekali tentunya.

Kalau saya bandingkan gaya hidup orang Indonesia dan gaya hidup orang Jepang, wahhh…, sungguh teramat jauh sekali perbedaannya. Bagaimana gaya hidup orang Indonesia ? Secara kasat mata, rasanya saya tidak perlu menjelaskan lagi. Tetapi yang jelas dan yang tidak pernah berubah adalah, terlalu santai dan membiarkan banyak waktu terbuang sia-sia. Dan saya tidak pernah bilang itu adalah hal yang buruk. Tergantung bagaimana Anda menyikapinya saja.  Selama Anda menikmatinya yah… kenapa tidak !?

Berbanding terbalik ketika saya melihat gaya hidup Jepang. Dimana waktu begitu sangat berharga bagi orang   Jepang. Saya bisa bilang kalau hidup di Jepang, laksana seperti robot saja. Lho koq…!? Iya, maksudnya adalah karena   orang Jepang  sangat menghargai waktu, sehingga selalunya diisi untuk hal-hal yang bermanfaat. Khususnya bagi para pekerja di sana. Lapangan pekerjaan yang begitu luas, menuntut orang Jepang berlomba-lomba untuk bekerja dan bekerja. Telah tertanam di dalam benak mereka bagaimana pentingnya mencari uang dari sejak dini. Karena hanya dengan uang mereka bisa mendapatkan kesenangan mereka.

Satu hal yang paling unik adalah bagaimana mereka memanfaatkan waktu di sela-sela hari kerja mereka. Biasanya pada malam hari adalah malam yang tepat buat mereka menghabiskan waktu dengan bersenang-senang. Misalnya saja mabuk-mabukan. Tapi hebatnya, keesokan harinya, dengan semangat ke – Jepang – an, mereka tetap melaksanakan kewajiban mereka untuk bekerja. Karena tiap perusahaan di sana memiliki peraturan yang sangat disiplin. Malah pimpinan perusahaan biasanya datang lebih awal daripada pekerjanya. Bagaimana dengan di sini yah…??  hehehe…

Tadi saya katakan bahwa telah tertanam di dalam benak mereka bagaimana pentingnya mencari uang sejak dini, bukan? Orang Jepang itu terkenal juga dengan hematnya menyimpan uang. Para orang tua di Jepang, sangat tidak memanjakan anak-anaknya dengan uang dan segala fasilitas nyaman lainnya. Dan anak-anak Jepang tidak kehabisan akal bagaimana caranya mendapatkan uang. Jadi untuk menyiasatinya yah dengan bekerja part time yang biasanya mereka lakukan di supermarket atau di restoran. Wehh…, luar biasa sekali yah…

Negara Jepang adalah salah satu negara maju di seluruh dunia. Lalu apakah tidak ada orang miskin atau pengemis di Jepang ? Hmmm…, tetap ada. Mereka-mereka itu adalah orang-orang yang malas bekerja atau orang-orang stress akibat korupsi dan segala macamnya. Tidak sedikit juga jumlahnya para koruptor yang mengambil jalan pintas untuk mengakhiri hidupnya. Karena orang Jepang paling tidak bisa menahan rasa malu akibat ulah buruknya. Mereka tidak suka berhutang uang dan tidak pula suka berhutang budi atas kebaikan orang lain. Secepatnya akan mereka balas kebaikan seseorang dengan kebaikan juga, bisa berbentuk bingkisan dan lain sebagainya kecuali uang.

Bila di Indonesia terbiasa dengan pergaulan saling traktir sesama teman atau sama pacar, di Jepang beda lagi. Mereka terbiasa dengan gaya pergaulan BMM alias bayar masing-masing.

Sebenarnya masih banyak lagi lho hal-hal yang membedakan gaya hidup Jepang dengan gaya hidup kita sehari-hari. Tapi saya khawatir, ntar bacanya malah jadi pegel dan kunang-kunang. Intinya orang Jepang itu tidak suka punya hutang, tidak suka ngobrol di saat jam kerja, bebas berekspresi dalam berbusana dan pergaulan, juga sama sekali tidak bergaya hidup konsumtif. Kalau ada yang mau ditanyakan dan masih penasaran, monggo lho yah mampir di komen saya… :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s