IMM

1 Ikhtisar
Berdasarkan “Sistem Keterampilan” yang dibentuk oleh pemerintah Jepang, sejak tahun 1993 IM Japan menerima sejumlah besar sumber daya manusia berkemampuan yang diseleksi secara ketat dan dikirim oleh pemerintah Indonesia ke Jepang.

Para trainee pelatihan dan ketrampilan IM Japan yang telah diseleksi oleh pemerintah Indonesia dan dilatih pula selama 4 bulan, adalah pemuda-pemuda yang berdisiplin tinggi, bersemangat dan sehat, sehingga perusahaan yang menerima mereka akan sangat gembira.

(1) Tipe pekerjaan yang dikelola IM Japan. (Tipe pekerjaan dapat ditambah.)
Permesinan, pekerjaan logam
PRODUKSI PENGECORAN,PENEMPAAN BESI, PERMESINAN,OPERATOR MESIN PRESS LOGAM, PANDAI BESI,PENGOLAHAN PELAT LOGAM, PENYEPUHAN / PELAPISAN ELEKTRIK, PENYELESAIAN AKHIR, PEMERIKSAAN MESIN-MESIN,PENGECORAN CETAK, PEMELIHARAAN MESIN,PERAKITAN PERLENGKAPAN ELEKTRONIKA, PERAKITAN MESIN LISTRIK, PENGECATAN LOGAM, PROSES PENGERASAN ALMINIUM, PEMBUATAN PANEL KONTROL TERCETAK
Pekerjaan konstruksi
PEMASANGAN PERLENGKAPAN PENGATUR UDARA, PEMBUATAN PERLENGKAPAN KONSTRUKSI, PENGOLAHAN BATU DAN PEMASANGAN, PERKAYUAN, PEMASANGAN ATAP GENTENG, PEMASANGAN UBIN, KERJA PELAT UNTUK KONSTRUKSI BANGUNAN, PEMIPAAN, PEMASANGAN PAPAN / JALUR UNTUK BETON, PEMASANGAN RANGKA BETON BANGUNAN, PENYALURAN BAHAN BETON, PEMASANGAN INSTALASI KEDAP AIR, PENYELESAIAN AKHIR TATA RUANG, PEMASANGAN INSTALASI PENAHAN PANAS, PEMASANGAN BINGKAI / DAUN JENDELA, PENGUKURAN,PENGECATAN BANGUNAN, MENDIRIKAN PERANCAH BANGUNAN, PELAPISAN / PLESTER DINDING, PENGEBORAN,PEMASANGAN KERTAS INTERIOR, PEMASANGAN PERALATAN KONSTRUKSI.
Pertekstilan
PEWARNAAN, PRODUKSI PAKAIAN JADI / GARMENT, PEMBUATAN PAKAIAN PRIA, PEMBUATAN PAKAIAN WANITA DAN ANAK-ANAK, PEMBUATAN BARANG-BARANG KANVAS, PENJAHITAN,OPERATOR MESIN TEXTIL,OPERATOR PENCELUPAN / PEMINTALAN, PEMBUATAN PERALATAN TIDUR
Lain-lain
MEUBELAIR, PENCETAKAN,PENJILIDAN BUKU, MENCETAK MEMBENTUK PLASTIK, PROSES PENGUATAN PLASTIK, PENGEPAKAN,PENGLASAN, PENGALENGAN MAKANAN KALENG.
(2) Jangka Waktu Tinggal
Jangka waktu pelatihan, 1 tahun, jangka waktu ketrampilan 2 tahun, jumlahnya 3 tahun.
(3) Jumlah orang yang dapat diterima (per / perusahaan)
(Perusahaan pribadi juga dapat menerima.)

Jumlah pegawai tetap (terkecuali tenaga lepas) di bawah 50 orang 51-100 orang 101-200 orang 201-300 orang lebih dari 301 orang
Jumlah trainee yang dapat ditampung sampai 3 orang sampai 6 orang sampai 10 orang sampai 15 orang 1/20 dari jumlah pegawai
* Perusahaan yang memiliki kurang dari 2 pegawai, tidak dapat menampung trainee lebih dari jumlah pegawai tetap yang ada pada perusahaan tersebut.
(4) Persyaratan lainnya.
Penempatan pembimbing pelatihan (Pegawai tetap yang berpengalaman kerja lebih dari 5 tahun).
Penempatan pembimbing kehidupan sehari-hari.
Menyediakan asrama bagi trainee.
Dalam menyiapkan kemungkinan trainee yang cedera atau sakit, agar memasuki asuransi umum.
(Bagi trainee ketrampilan, selain asuransi umum supaya masuk pula pada asuransi kecelakaan dan asuransi kesehatan.)
Mengupayakan fasilitas yang diperlukan pada kesehatan dan keselamatan kerja.
2 Jadwal Pelatihan
3 Trainee
Trainee adalah pemuda yang memiliki riwayat pendidikan lulusan SLTA ke atas dan berusia 20 tahunan. Karena pemerintah Indonesia menyeleksi sumber daya manusia yang unggul yang mampu menyelesaikan pelatihan dan keterampilan secara cemerlang selama 3 tahun di Jepang, maka diterapkan berbagai tes sebagai berikut.
Psikotes dilakukan tes tertulis mengenai kemampuan pengetahuan dasar, semangat mandiri, selayakan untuk pelatihan dan lain sebagainya.
Pemeriksaan fisik
dan Tes Fisik
Syaratnya lari marathon jarak 3 km dalam waktu 15 menit,
melakukan push-up lebih dari 35 kali, sit -up lebih dari 25 kali,
Wawancara Dibobotkan pada tujuan ikut serta pelatihan, pengetahuan tentang Jepang, gairah terhadap pelatihan, rencana setelah kembali ke tanah air dan lain sebagainya
Pemeriksaan
Kesehatan oleh
rumah sakit
/ laboratorium
Diadakan pemeriksaan kesehatan terhadap seluruh anggota, dan bila ternyata mengidap penyakit sehingga tidak mampu melanjutkan pelatihan, maka dinyatakan tidak lulus.
Pelatihan Sebelumnya di Indonesia
Agar para trainee tidak mengalami kesulitan selama pelatihan dan keterampilan serta kehidupan sehari-hari setelah masuk ke Jepang, diadakan pelatihan khusus bahasa Jepang, adat kebiasaan Jepang, pendidikan jasmani, disiplin dan lain sebagainya selama 1 bulan di daerah dan 3 bulan di pusat pelatihan di Indonesia.
Pelatihan kursus gabungan di Pusat Pelatihan IM Japan.
Setelah masuk ke Jepang, diselenggarakan pelatihan kursus selama 4 minggu di Pusat Pelatihan IM Japan, serta menyimpulkan pelatihan sebelumnya di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s