Cumi-Cumi Bisa Meramal Kedatangan Gempa?

Sebuah koperasi perikanan di Komatsushima melaporkan bahwa para nelayan di prefektur tersebut berhasil menangkap lebih dari 200 ton cumi-cumi pada bulan Januari dan Febuari. Hasil tangkapan ini besarnya empat kali lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya.

Prefektur Tokushima melaporkan hasil tangkapan cumi-cumi tahun ini mencapai 70 ton, lebih banyak tiga kali lipat dari tahun lalu. Sebuah koperasi perikanan di kota Arida, prefektur Wakayama, berhasil menjaring 700 kilogram cumi-cumi. Hasil ini juga lebih banyak tiga kali lipat dari tangkapan biasa.

Menurut data statistik Departemen Pertanian, Kehutanan dan Perikanan Jepang, para nelayan di Tokushima pernah menangkap cumi-cumi lebih banyak dari biasanya pada tahun 1994, tepat sebelum gempa bumi mengguncang Kobe pada tanggal 17 Januari 1995.

cumi-cumi di jepang

Terdapat semacam kepercayaan di kalangan para nelayan bahwa tangkapan cumi-cumi yang besar secara tiba-tiba berarti akan ada gempa di bawah laut. Alam mungkin ada caranya sendiri untuk memperingatkan manusia akan datangnya musibah, tapi apakah kita bisa mengetahuinya?

Cumi-Cumi = Ika / イカ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s