Penemuan Terbaru: Hidangan Kotoran Manusia

Ini bukan sedang bercanda.

Seorang peneliti Jepang yang bernama Mitsuyuki Ikeda telah berhasil menemukan cara untuk mengubah kotoran manusia (iya, kotoran yang biasa kamu buang di WC) menjadi makanan yang layak untuk dimakan.

Kebayang rasanya gimana? Aku juga enggak. Tapi bentuknya sudah terlihat kok. Bentuk penemuan baru ini sangat mirip dengan daging sapi hamburger. Oishii!

Hidangan Kotoran Manusia

Jangan salah paham dulu. Kotoran-nya tidak serta merta dicampur aduk lalu di uleg dengan sambal kemudian dibungkus untuk kamu bawa pulang. Bukan begitu prosesnya. Pertama-tama, profesor Ikeda mengambil tanah dan lumpur di selokan bawah tanah di Tokyo (jadi bukan langsung dari WC). Tanah dan lumpur tersebut pastinya telah tercampur oleh puluhan ton kotoran manusia setiap harinya.

Sebelumnya, profesor Ikeda telah meneliti bahwa tanah lumpur beserta kotoran itu rupanya banyak mengandung protein. Nah, protein inilah yang akan diekstrak oleh sang profesor dengan alat canggihnya.

Lalu bagaimana dengan segala macam kuman dan bakteri yang tumbuh berkembang di kotoran tersebut? Tenang. Semuanya akan mati dalam proses pemanasan di dalam mesin. Alhasil, makanan “baru” ini akan mempunyai kandungan protein sebanyak 63%, karbohidrat 25%, lipid 3% dan mineral 9%. Bergizi kan?

Dilihat sisi positif, penemuan terbaru ini sebenarnya bisa (dan akan) sangat membantu manusia di masa depan dimana stok bahan pangan di bumi semakin menipis. Dan bayangkan juga para astronot yang akan menempuh jarak begitu jauh untuk menemukan planet baru. Mereka tentu akan sangat tertolong dengan teknologi ini saat makanan mereka habis di tengah perjalanan.

Lalu, apakah ada sisi negatifnya? Tidak ada! Makanan ini bener-benar aman untuk dikonsumsi (katanya). Hanya saja, sekarang kendala terbesar adalah dari aspek psikologi manusia itu sendiri.

Bagaimana caranya mengubah pola pikir manusia yang telah terbentuk selama jutaan tahun? Kita yang telah memakan daging serta buah-buahan sejak jaman batu, sekarang harus makan makanan yang terbuat dari kotoran manusia?

Mau?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s