Kontes Miss Science Di Jepang

Di banyak universitas di Jepang, jurusan teknik dan ilmu pengetahuan (sains / science) adalah salah satu jurusan yang paling di dominasi oleh laki-laki. Apakah ada perempuan? Tentu ada, tapi jumlahnya sangat sedikit.

Bahkan di kota besar seperti Tokyo, kita bisa melihat kurang dari 10% dari para murid yang belajar di jurusan tersebut adalah perempuan. Mungkin karena inilah anggapan negatif masyarakat masih sangat kental bahkan sampai hari ini; para perempuan yang cantik umumnya tidak terlalu pintar sehingga mereka tidak tertarik dengan jurusan yang terkenal sulit.

Tidak heran kemudian salah satu organisasi kemahasiswaan se-Jepang, CURIE, mengadakan kontes pemilihan Miss Science Jepang. Pemilihan “Rikei Joshi” atau “Putri Ilmu Pengetahuan” adalah kontes yang memberikan kesempatan kepada para mahasiswi pintar untuk membuktikan bahwa mereka juga mempunyai kecantikan selain otak.

Kontes akan diadakan pada tanggal 12 September di Balai Kota Kitazawa yang terletak sekitar 10 menit dari stasiun Shimokitazawa di Tokyo. Para peserta berasal dari beberapa universitas terkemuka yang mengambil jurusan-jurusan yang terkenal seram bagi siapapun yang mendengarnya. Berikut adalah tiga kontestan yang berhasil lolos seleksi…

1. Shiho Nakaoka – Waseda University, School of Advanced Science and Engineering, Departemen Kimia dan Biokimia.

Shiho Nakaoka - Kontes Miss Science Di Jepang

2. Akira Hayashi – Keio University, Department of Administrative Engineering.

Akira Hayashi - Kontes Miss Science Di Jepang

3. Mayumi Hino – Ochanomizu University, Department of Information Sciences and Programming.

Mayumi Hino - Kontes Miss Science Di Jepang

Bisa dibilang mereka ini adalah idol-nya para kutu buku sejati. Untuk foto-foto yang lebih lengkap dari para kontestan, kamu bisa kunjungi situs CURIE. Nah, sekarang kita lirik pertanyaannya sekali lagi; apakah benar perempuan yang cantik umumnya tidak terlalu pintar?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s